Cara Membuat Ice Pack dari Tepung Tapioka

Selain dari pampers, ice gel atau ice pack ternyata juga bisa dibuat dari tepung tapioca. Jika Anda merasa kurang nyaman memakai pampers, cara membuat ice pack dari tepung tapioca bisa Anda pelajari.
cara membuat ice pack dari tepung tapioca


Mengapa tepung tapioca yang dipilih? Tepung tapioca atau tepung kanji, atau tepung aci biasanya bersifat kental. Hampir sama sifatnya dengan gel yang ada di pampers.

Selain tepung tapioca, bisa juga digunakan tepung sagu. Sifatnya biasanya akan mengental saat dipanaskan. Bahan ini juga bisa dipakai untuk membuat ice pack atau ice gel.

Cara membuat ice pack dari tepung juga sama mudahnya dengan pembuatan dari bahan pampers. Hanya saja, pada pembuatan bahan tepung ini, Anda membutuhkan peralatan kompor untuk memasak tepungnya.

Begini Cara Membuat Ice Pack dari Tepung Tapioca

Bila Anda berpikir negative dengan bahan pampers, bahan tepung ini bisa jadi alternative pilihan.

Baca Juga : Ice Pack Super Ukuran Besar Kualitas Terbaik

Tepung yang digunakan pun bisa dipilih, selain tepung tapioca bisa juga menggunakan tepung sagu. Tergantung mana yang tersedia dan mudah Anda dapatkan. Lebih lengkapnya berikut bahan-bahan dan cara membuatnya:

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

  1. Tepung tapioca 1 kg
  2. 5 hingga 6 liter air dingin untuk memasak
  3. 250 ml cuka yang digunakan untuk makan
  4. Kantong plastik bening yang memiliki bagian penutup pada atasnya. Pilih jenis plastic kaca yang lebih tebal.


Cara dan Langkah-Langkah Membuat:

  • Cara membuat ice pack dari tepung tapioca yang pertama adalah dengan memasak tepung dengan air. Masukkan air ke dalam panci lalu masukkan tepung. Aduk hingga rata dan panaskan di kompor hingga mengental. Biasanya tak butuh waktu lama, hanya sekitar 10 hingga 15 menit. Pastikan semua tepung larut dan tidak ada yang menggumpal putih tidak larut.
  • Setelah mendidih, masukkan 250 ml cuka lalu aduk hingga rata.
  • Angkat dan tunggu hingga tidak terlalu panas.
  • Masukkan adonan tersebut ke dalam kantong plastik bening yang tersedia, jangan terlalu penuh, sekitar 13 sendok saja untuk ukuran plastik 1 kg.
  • Pipihkan kantong yang sudah diisi hingga adonan merata di dalam plastik.
  • Tutup rapat plastik jangan sampai bocor, pastikan kokoh dan tidak berlebihan beratnya.
  • Simpan di dalam kulkas selama 12 jam atau hingga mengeras. Ice gel tersebut pun siap untuk digunakan mendinginkan ASI, buah, makanan dan sebagainya saat bepergian. 
Cukup mudah bukan cara membuat ice pack dari tepung tapioca? Jika Anda terdesak butuh ice gel untuk kebutuhan rumah tangga, cara ini bisa Anda pilih.

Bahan tapioca dinilai lebih nyaman dipakai dibandingkan pampers anak. Jika digunakan untuk menyimpan makanan, tentu ice pack berbahan tapioca ini akan lebih aman dan sehat.


Rekomendasi Pusat Penjualan Ice Pack Gel Paling Murah Berkualitas

Cari tempat jual ice pack grosir yang bagus dan murah? Icepacksuper.com pilihan paling tepat untuk Anda.

Icepacksuper.com menyediakan produk ice pack atau ice gel finish dan semi finish dengan harga yang sangat murah. Harga yang ditawarkan hingga Rp.4.500,- per pcs nya. Beli banyak lebih menguntungkan.

Tersedia produk ice pack kualitas Korea yang terjamin keawetannya. Tidak berubah tekstur saat berulang kali digunakan. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas yang memberi efek dingin lebih lama.

Cocok digunakan di dalam freezer, kulkas, kotak pendingin hingga tas bayi saat bepergian. Jaminan kualitas produk terpercaya dan pengiriman produk yang lebih aman packingnya ke alamat tujuan.

Baca Juga : Tips Memilih Ice Pack Terbaik dan Berkualitas

Cara membuat ice pack dari tepung tapioca bisa Anda coba, tetapi mencoba produk icepacksuper.com lebih utama jika kebutuhan Anda dalam jumlah banyak. Amankan makanan dan produk jualan Anda sekarang.  



1 komentar :